Fenomena Aurora Yang Ajaib dan Menakjubkan

Pernahkah kalian mendengar tentang fenomena terjadinya aurora? Tahukah kalian apa itu fenomena langit yang kita sebut aurora?

Fenomena Aurora

Fenomena Aurora

               Mungkin selama ini kita hanya mengetahui fenomena langit berupa pelangi, yang membentuk 7 warna, yaitu merah-jingga-kuning-hijau-biru-ungu. Nah, ternyata ada fenomena langit yang tak kalah indahnya daripada pelangi loh.  Fenomena itu kita kenal dengan nama “aurora”. Tahukah kamu, bahwa aurora adalah sebuah fenomena proses alam yang mempunyai kemiripan dengan pancaran cahaya yang memiliki banyak warna. Kejadian ini terjadi pada lapisan atmosfer kita, tepatnya berada pada lapisan Ionosfer. Hal ini terjadi akibat interaksi yang terjadi antara medan magnetik yang dimiliki sebuah planet dengan partikel yang dipancarkan oleh matahari ( Angin Matahari ). Jika kita lihat, aurora itu bagaikan cahaya-cahaya yang berwarna-warni yang melambung tinggi ke langit. Aurora ini hanya bisa dilihat pada terbitnya matahari maupun senja/malam hari. Sayang sekali, di belahan bumi selatan seperti di Indonesia ini, kita tidak dapat melihat aurora. Hal ini disebabkan karena aurora hanya muncul di belahan bumi kutub, baik kutub selatan maupun kutub utara. Daerah kutub memiliki medan magnetik yang cukup kuat sehingga dapat memunculkan aurora.

Fenomena Aurora

Fenomena Aurora

 

             Aurora memiliki wujud yang sangat menakjubkan. Tentu saja, apabila kita melihatnya kita akan berdecak kagum akan ciptaan-Nya. Tahukah kamu bagaimana proses terbentuknya aurora? Aurora ini terjadi akibat adanya atom-atom yang berbenturan dengan partikel-partikel , terutama Elektron dan Proton yang berasal dari angin matahari. Partikel-partikel tersebut terlempar dengan kecepatan kurang lebih mencapai kecepatan 500 Mil/Detik dan terhisap di daerah kutub. Warna-warna yang dihasilkan disebabkan oleh benturan atom yang berbeda-beda. Misalnya benturan antara partikel Elektron dan molekul nitrogen menyebabkan timbulnya warna hijau. Benturan antara partikel Elektron dengan atom Oksigen menyebabkan terjadinya warna merah. (www.tripod.lycons.com)

              Hal yang sangat penting terjadinya Aurora adalah Angin Matahari . Angin Matahari merupakan  suatu partikel yang keluar dari matahari yang menggerakkan sejumlah besar listrik di atmosfer ( Sabuk Van Allen ).  Partikel ini kan mempercepat ke atmosfer bagian atas yang kemudian akan bertabrakan dengan berbagai gas yang terdapat di kutub. Kejadian ini menimbulkan warna-warna bergerak yang disebut Aurora. Tekanan listrik mengeluarkan molekul gas menjadi keadaan energi yang lebih mengakibatkan lepasnya foton. Warna yang terjadi pada Aurora tergantung pada frekuensi tumpukan antara partikel-partikel dan gas-gas. Mekanisme ini dapat disamakan dengan yang terjadi pada pada lampu neon. Secara garis besar mekanisme seperti hal yang kami jelaskan diatas. (www.tripod.lycons.com)

              Untuk mengamati fenomena aurora secara lebih mendalam, silakan lihat video dibawah ini🙂 Akan lebih asyik melihat videonya :0

Aurora

Aurora

Sungguh indah segala ciptaan-Nya. Aurora, keajaiban yang menakjubkan di dunia. Semoga di suatu kesempatan, kita bisa melihat keajaiban fenomena aurora🙂 amiiinn.

aurora

aurora

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s